Kamis, 13 Maret 2014

Manfaat antioksidan dari mengkonsumsi kopi untuk kesehatan

Manfaat antioksidan dari mengkonsumsi kopi untuk kesehatan memang sangat banyak sekali dan didalam laman ini ada manfaat penting yang bisa didapatkan untuk mencegah penyakit selain itu juga berbagai kebaikan lainnya ada didalam kopi, seperti berikut ini manfaat secara lengkap antioksidan dalam kopi bagi kesehatan, seperti dirilis Eatingwell.

Ramah pada kesehatan hati

Antioksidan yang terdapat pada asam cholorogenic dan asam caffeic pada kopi dapat mencegah peradangan hati dan menghambat sel kanker. Sehingga peminum kopi lebih rendah mengalami sirosis hati.

Menurunkan risiko diabetes

Sebuah studi mengungkap keterkaitan mengonsumsi kopi dengan penyakit diabetes. Hasilnya menunjukkan, setidaknya empat gelas kopi dalam satu hari dapat menurunkan risiko diabetes.

Hal tersebut terjadi karena antioksidan yang terdapat pada asam cholorogenic dan quinides kopi dapat meningkatkan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin yang mengatur gula darah.

Mencegah kerusakan sel-sel otak

Antioksidan dalam kopi dapat mencegah beberapa kerusakan pada sel-sel otak dan meningkatkan efek neurotransmitter yang terlibat dalam fungsi kognitif. Karenanya, kebiasaan mengonsumsi kopi satu hingga lima cangkir dalam satu hari, menurut hasil penelitian para pakar, dapat membantu mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer, serta penyakit Parkinson.

Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan, pada saat terjadi peningkatan asupan kopi, pembentukan insidensi glioma (suatu bentuk kanker otak) cenderung menurun. Para peneliti berspekulasi, hal tersebut disebabkan senyawa dalam kopi mengaktifkan asam deoksiribonukleat atau lebih dikenal dengan sebutan DNA (deoxyribonucleic acid),   yaitu asam yang dapat memperbaiki protein pada sel, serta dapat pula mencegah kerusakan DNA yang dapat menyebabkan sel menjadi kanker.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Beberapa studi menunjukkan, bahwa peminum kopi yang mengonsumsi satu hingga tiga cangkir per hari memiliki risiko lebih rendah terkena stroke dibandingkan non-peminum kopi. Hal tersebut dikarenakan antioksidan pada kopi dapat membantu mengatasi efek peradangan yang merusak arteri.

Beberapa peneliti berspekulasi, bahwa senyawa ini dapat meningkatkan aktivasi nitrit oksida, suatu zat yang memperlebar pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah. Kendati demikian, pilihlah kopi-kopi yang cenderung rendah kafein. Pasalnya, para peneliti percaya kafein berlebihan dapat mengurangi efek baik antioksidan.

Salah satu analisis dari sembilan studi menemukan, bahwa setiap kenaikan dua cangkir kopi dalam asupan sehari-hari dikaitkan dengan risiko 43 persen lebih rendah terkena kanker hati daripada yang tidak.

obat alami kanker otak yang aman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar